1 Jan 2013

Tahun Baru di Korea

Selamat Tahun Baru Masehi

tahun-baru-korea

Perayaan Tahun Baru 2013 ini tidak begitu mencolok di pusat kota Seoul. Walikota Park Won-soon, menandai dimulainya tahun baru 2013 dengan memukul lonceng tradisional di paviliun Bosingak.


Orang Korea juga merayakan tahun baru masehi pada tanggal 1 Januari setiap tahun, mengikuti Kalender Gregorian. Tetapi tahun baru masehi di Korea bukanlah perayaan tahun baru yang utama, karena bagi orang Korea tahun baru Korea yang dikenal juga sebagai Seol-nal (berdasarkan kalender Lunar) lebih utama dibanding tahun baru masehi. Seol-nal(설날) adalah liburan tradisional Korea yang paling penting.

Tahun baru Korea adalah waktunya liburan keluarga. Liburan selama tiga hari digunakan oleh banyak orang untuk kembali ke kampung halaman mereka untuk mengunjungi orang tua dan kerabat lainnya. Di sana mereka melakukan ritual leluhur. Banyak orang Korea berdandan pakaian tradisional Korea yang disebut hanbok. Namun saat ini, keluarga kecil cenderung mengenakan pakaian formal lainnya (bukan hanbok). Banyak orang Korea menyambut Tahun Baru dengan mengunjungi area pantai Timur-seperti Gangneung dan Donghae di Provinsi Gangwon, di mana mereka dapat melihat sinar matahari pertama Tahun Baru.

Pada saat tahun baru Seol-nal, orang Korea akan menyajikan makanan yang disebut tteokguk.
Tteokguk (떡국) (sup dengan irisan kue beras) adalah makanan tradisional Korea yang biasa dimakan pada saat Tahun Baru.

Orang Korea akan mengucapkan kata-kata selamat yang bunyinya: saehae bok mani badeuseyo (Hangul: 새해 복 많이 받으세요) yang diterjemahkan menjadi: semoga menerima berkat Tahun Baru yang banyak, atau mendapat rejeki yang lapang. Orangtua biasanya memberikan anak-anak mereka uang tahun baru, atau "uang saku," (biasanya dalam bentuk uang kertas) dalam kantong keberuntungan yang dibuat dengan desain sutra yang indah dan kata-kata kebijaksanaan, yang disebut deokdam. Namun saat ini, kebanyakan orang tua mengubah tradisi ini dengan memberi kue beras (ddeok) dan buah-buahan untuk anak-anak mereka.


Referensi:
Ibtimes.Com
En.Wikipedia.Org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar