5 Jun 2012

Cara Pembentukan Suku Kata

Cara Pembentukan Suku Kata

Huruf Korea yang dinamakan hangul, adalah huruf yang memiliki bentuk artistik dan memiliki cara pembentukan sukukata yang menarik. Huruf hangul tidak pernah berdiri sendiri tetapi harus selalu memiliki teman. Huruf konsonan berdampingan dengan huruf vokal. Ada yang hanya terdiri dua huruf, ada pula yang tiga huruf, bahkan empat huruf.

Alfabet hangul harus ditulis dengan menggabungkan konsonan dengan vokal. Konsonan ditempatkan pada posisi bunyi awal dan bunyi akhir suku kata, sedangkan vokal ditempatkan pada posisi tengah atau akhir bunyi.

Agar lebih mudah dalam memahami cara penggabungan konsonan dan vokal menjadi suku kata dalam bahasa Korea, silakan memperhatikan bagan di bawah ini :


pembentukan suku kata
Berdasarkan bagan di atas, dalam kotak paling atas sebelah kiri, huruf konsonan ㅇ (ieung) bersebelahan dengan huruf vokal ㅏ (a) menghasilkan sukukata yang berbunyi 'a'. Di kotak sebelah kanan, huruf konsonan ㅇ (ieung) bertemu dengan huruf vokal ㅜ (u) di bawahnya, menghasilkan sukukata yang berbunyi 'u'.

Kemudian kotak yang berada di tengah, dalam kotak sebelah kiri dapat kita lihat bahwa huruf konsonan ㅇ (ieung) bertemu dengan huruf vokal ㅜ (u) yang ditopang oleh huruf konsonan ㄱ (gieok) menghasilkan sukukata yang berbunyi 'uk'. Lalu dalam kotak tengah sebelah kanan, huruf konsonan ㅇ (ieung) bersebelahan dengan huruf vokal ㅏ (a) yang berada di atas huruf konsonan ㄱ (gieok), menghasilkan bunyi 'ak'.

Di dalam kotak paling bawah sebelah kiri terdapat huruf konsonan ㅇ (ieung) yang bertemu huruf vokal ㅜ (u) dan huruf vokal ㅣ (i) menghasilkan sukukata yang berbunyi 'wi'. Sedangkan di kotak sebelah kanannya terdapat huruf konsonan ㅇ (ieung) yang bertemu huruf vokal ㅗ (o) dan ㅏ (a) juga huruf konsonan ㄱ (gieok) yang berada di bawahnya, menghasilkan sukukata yang berbunyi 'wak'.

Di bawah ini dicantumkan beberapa contoh kosakata :

Bahasa Korea (hangul)
Bahasa Indonesia
오이  ( dibaca : o-i )
Timun
우유  ( dibaca : uyu )
Susu
모자  ( dibaca : moja )
Topi
바지  ( dibaca : baji )
Celana panjang
치마  ( dibaca : chima )
Rok
사과  ( dibaca : sagwa )
Apel
고기  ( dibaca : gogi )
Daging
시계  ( dibaca : sigee )
Jam
휴지  ( dibaca : hyuji )
Tissue
의자  ( dibaca : eija )
kursi

Selamat memelajari kosakata bahasa Korea. Tunggu artikel dari saya selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar